Selasa, 16 Mei 2017

7 Cara Pengobatan Kanker Otak, Pengertian, Gejala, Penyebab dan Macam-Macam Kanker Otak

Artikel kesehatan kali ini akan membahas seputar kanker otak, dimulai dari  pengertian kanker otak, penyebab kanker otak, gejala dari kanker otak serta tentang cara pengobatan kanker otak dan obat yang harus di gunakan untuk mengobati, menyembuhkan dan mengatasi kanker otak. Apa itu kanker otak? Kanker otak adalah tumor otak ganas yang bisa dengan cepat menyebar ke bagian tulang otak dan menyebar pula ke bagian tulang otak yang lain. Apa itu tumor otak ? Tumor otak adalah tidak terkendalinya dan pertumbuhan sel otak yang tidak normal, perkembangan tumor otak bermula dan berkembang dari suatu sel otak yang menyusun jaringan otak itu sendiri, dari saraf tulang belakang, bisa berkembang pula dari selaput yang melindungi otak. Ada dua jenis tumor otak, yaitu tumor otak ganas dan tumor otak jinak, tidak semua kanker otak mempunyai sifat ganas dan berbahaya. Tumor otak ganas bisa menyebar ke bagian yang lain serta berkembang dengan cepat, sedangkan tumor otak jinak dalam pertumbuhannya hanya secara perlahan dan tidak menyebar ke bagian otak yang lain.

Penyebab Kanker Otak

Secara umum kanker otak terjadi karena adanya penyebaran kanker yang berasal dari bagian organ tubuh manusia yang lainnya, dan disebarkan melalui peredaran aliran darah.

Di bawah ini adalah beberapa faktor penyebab yang dapat menimbulkan dan memicu seseorang bisa terkena kanker otak, diantaranya:
  1. Terkena atau terpapar zat kimia berbahaya.
  2. Adanya infeksi virus.
  3. Karena faktor usia.
  4. Jarang berolahraga.
  5. Obesitas.
  6. Faktor keturunan.
Kalau di lihat dari sumber atau asal kanker otak, tumor otak di bagi menjadi dua yaitu sekunder dan primer. Tumor otak sekunder ialah tumor otak yang berasal dari organ bagian tubuh lain yang menyebar sampai ke otak, sedangkan tumor otak primer muncul dan berasal dari organ otak itu sendiri. Tumor otak jika di lihat dari kecepatan dalam pertumbuhannya serta penyebarannya, tumor otak di bagi ke dalam empat tahap atau tingkat, diantaranya:
  1. Kanker otak yang masuk ke stadium satu dan dua: kanker otak ini kebanyakan mempunyai sifat yang jinak.
  2. Kanker otak yang masuk ke stadium tiga dan empat, umumnya kanker otak ini bersifat ganas dan berbahaya.

Gejala Kanker Otak


Ada beberapa gejala yang dirasakan secara umum apabila seseorang mengidap penyakit kanker otak, antara lain:
  1. Terganggunya penglihatan penderita kanker otak.
  2. Adanya gangguan pada saat berbicara.
  3. Gangguan pada saat berjalan.
  4. Mudah merasakan ngantuk.
  5. Sering muntah.
  6. Merasakan rasa lelah yang terlalu berlebihan.
  7. Terganggunya fungsi pendengaran.
  8. Terganggunya penglihatan penderita kanker otak.

Pengobatan Kanker Otak

Di bawah ini adalah cara pengobatan yang secara umum di lakukan oleh pengidap atau penderita kanker otak, di antaranya:
  1. Kemoterapi, cara ini di lakukan sebagai upaya untuk membunuh sel kanker otak yang berada di dalam otak dan sulit untuk di angkat.
  2. Pembedahan, hal ini di lakukan oleh petugas medis yang bertujuan untuk mengangkat tumor otak sebanyak mungkin tanpa merusak jaringan otak di sekitarnya.
  3. Radiosurgery berfungsi untuk membunuh sel kanker otak dengan dosis radiasi tingkat tinggi.
  4. Radioterapi.
  5. Mengkonsumsi obat anti mual, untuk menghilangkan mual yang disebabkan oleh tekanan yang sangat tinggi di dalam kerangka otak.
  6. Mengkonsumsi obat penurun atau pereda sakit kepala.
  7. Mencoba minum obat Kortikosteroid bermanfaat untuk mengurangi dan meringankan tekanan dan pembengkakan di dalam otak.