Tentang Pengertian Kanker Darah

                    
  

Kanker yang menyerang sel-sel darah putih di sebut leukimia atau kanker darah, sel darah putih ini di hasilkan oleh sumsum tulang belakang, sel darah putih berfungsi dan bermanfaat melindungi tubuh kita dari penyakit atau benda asing. Bagi pengidap kanker darah sumsum tulang belakang dalam memproduksi sel-sel darah putih bekerja secara tidak sempurna atau abnormal. Dalam hal ini berbeda dengan kondisi orang yang tidak mengidap kanker darah dimana dalam produksi sel-sel darah putih bekerja dengan normal dan sempurna. Jumlah sel-sel darah putih yang berlebihan dapat mengakibatkan adanya penumpukan di dalam sumsum tulang belakang dan bisa menyebar ke organ tubuh yang lainnya, seperti, paru-paru, ginjal, limfa, hati dan dapat menyebar ke otak.

Jenis-jenis Kanker Darah

Kalau di lihat dari kecepatan penyebaran dan perkembangannya, kanker darah dapat dikelompokkan ke dalam kelompok kanker darah kronis dan kanker darah akut.

1.Kanker Darah Kronis
Dalam jangka yang panjang dan secara perlahan-lahan kanker darah kronis berkembang. Sel-sel darah putih yang seharusnya sudah mati akan tetap hidup dan menumpuk dalam aliran darah, sumsum tulang, serta organ-organ lain yang terkait, gejalanya cenderung tidak bisa segera dirasakan segera, butuh waktu bertahun-tahun untuk bisa mendiagnosis kanker ini.

2.Kanker Darah Akut

Dalam perkembangannya Kanker darah akut berkembang dengan cepat akibat penambahan jumlah sel darah putih yang tidak. Perkembangan dan perumbuhannya begitu cepat menyebar ke aliran darah manusia. Kekebalan tubuh serta kekurangan oksigen bisa menjadi dampak buruk dari kanker ini jika di biarkan begitu saja tanpa ada penanganan yang serius.
  
Gejala-gejala Kanker Darah

Ada banyak ragam gejala kanker darah, setiap penderita bisa mengalami adanya indikasi yang berbeda, tergantung dari jenis kanker darah yang diidap atau di derita dan ada pula kanker darah yang sulit untuk di di identifikasi atau di kenali, seperti mirip dengan orang yang terkena flu. Tapi di bawah ini adalah gejala umum yang sering di rasakan oleh kebanyakan penderita kanker darah, antara lain:
  1. Sakit kepala.
  2. Sering mimisan atau memar.
  3. Keringat yang berlebih.
  4. Demam.
  5. Lemas.
  6. Sering lelah.
  7. Berat badan yang menurun.
  8. Munculnya bintik merah di kulit.
  9. Muntah.
  10. Nyeri di tulang sendi.
  11. Tubuh menggigil.

    Apabila anda atau salah satu anggota keluarga anda mengalami gejala seperti di atas, lebih baik segera periksa ke dokter terdekat, terlebih gejalanya tidak kunjung membaik dan sering kambuh.

    Penyebab Kanker Darah

    1. Merokok.
    2. Faktor keturunan.
    3. Faktor lingkungan.
    4. Berat badan yang tak ideal.
    5. Terkena paparan bahan kimia yang berbahaya.
    6. Radioterapi.
    7. Kemoterapi.

      Pengobatan Kanker Darah

       

      Pengobatan kanker darah harus di lihat dari stadium kanker darah yang di derita, kondisi kesehatan serta usia pasien.
      Di bawah ini adalah cara pengobatan yang paling umum untuk menangani penyakit kanker darah, diantaranya: 
      1. Terapi biologis.
      2. Radioterapi.
      3. Kemoterapi.
      4. Terapi terfokus.
      5. Stem cell atau transplantasi sel induk. 

        Cara Mengobati Penyakit Kanker Dengan Berpuasa

        Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan apabila kita seorang muslim melakukan ibadah dan kewajiban yang ada dalam salah satu agama yang ter...